Review Buku: Pendidikan Agama Islam. Karya: Dr. Muammar Khadafie, M.Pd.I.
Review
Buku: Pendidikan Agama Islam Aldha
Meirisqi : 241010004 |
|||
|
Judul Buku |
: |
Pendidikan
Agama Islam : Tinjauan Teori dan
Praktik |
Nama Penulis |
: |
Dr. Muammar
Khadafie, M.Pd.I. |
|
Tahun Terbit |
: |
2024 |
|
Jumlah halaman |
: |
215 |
|
Harga Buku |
: |
Rp. 100.000,00 |
|
Dr. Muammar Khadafie, M.Pd.I. Dosen Tetap Universitas Teknologi Sumbawa, lahir di Tongo KSB, anak terakhir 9 bersaudara dari pasangan H. Zakaria alm dan Hj. Hafifa pada 08 Juni 1986. Riwayat Pendidikan Penulis: SDN1 Tongo 1998, MTsN 1 Taliwang 2001, Ponpes Islam Darus Syahadah Simo Boyolali2005, MA Al Furqon Tongo2006, Sarjana 2010 dan Magister 2012 di Universitas Muhammadiyah Surakarta Program studi Pendidikan Agama Islam, dan Doktoral di Universitas Islam Negeri Mataram 2023. Penulis Saat Kuliah aktif di berbagai
organisasi kampus baik ekstra maupun intra kampus, sebut saja di HMJ
Tarbiyah, KETUA BEM FAI dan BEM U Menjadi Wakil Menteri. di eksternal Pernah
mengikuti DM Satu KAMMI KOMISARIAT Al-Fath kemudian Hijrah ke IMM dan
Berproses di sana hingga selsai dan masih sebagai kader IMM Sukoharjo.
Sekarang aktif di Pemuda Muhammadiyah NTB. Selain itu Penulis juga seorang
peneliti dan konsultan Politik. Banyak karya ilmiah yang di hasilkan oleh
penulis yang terbit di non Sinta maupun Sinta bisa di cari di google Scholar
penulis. Penulis sebagai Direktur Lembaga Survei MARAS INSTITUT. Selain itu
Penulis juga aktif di berbagai: Anggota Dewan Riset Daerah NTB, Staf Khusus
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dewan Riset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat.
Menjadi Pendiri sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam
Sumbawa 2019-2023. |
|||
Sinopsis: Buku Pendidikan Agama Islam ini dirancang sebagai panduan lengkap bagi pembaca, khususnya peserta didik, dalam memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Buku ini mencakup empat pilar utama dalam ajaran Islam, yaitu akidah, ibadah, akhlak, dan sejarah peradaban Islam. Dengan pendekatan yang sistematis dan bahasa yang mudah dipahami, buku ini membawa pembaca pada pemahaman yang mendalam mengenai nilai-nilai Islam yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penyajian yang menarik dan mudah dipahami, Pendidikan
Agama Islam tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga
mengajak pembaca untuk menginternalisasi dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam
dalam kehidupan. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi untuk
menumbuhkan keimanan yang kokoh dan akhlak yang mulia dalam diri setiap
pembaca. |
|||
Kelemahan: Kelemahan yang saya lihat dalam
buku ini hanya ada satu. Tidak adanya terdapat gambar gambar ilustrasi yang
mempermudah pembaca untuk lebih mudah mencerna materi materi tersebut. Hal
tersebut dapat saya sebut kelemahan karena saya berharap buku ini dapat
terasa menyenangkan untu dibaca, apalagi kita tau sendiri bawah ilmu yang di
sajikan pada buku ini sangat penting bagi umat beragama islam. |
|||
Kelebihan: Buku ini memiliki tataan bahasa yang baik. Ilmu ilmu yang tertera didalamnya juga terasa sangat dapat di percaya karena adanya keterangan sumber yang jelas. Buku ini juga tersusun dengan rapih. Dari bab yang satu ke bab selanjutya memiliki keterkaitan yang konsisten sehingga ketika manamatkan buku ini saya sebagai pembaca merasa tidak ada kesimpang siuran dalam ilmu ilmu yang ada didalamnya. |
|||
Daftar Pustaka: Khadafie,
Muammar (2024). Pendidikan Agama Islam
: Tinjauan Teori dan Praktik M Khadafie. (2023).
‘Construction of Islamic Religious Education in the Era of the Covid-19
Pandemic'. Profetika: Jurnal Studi Islam. Scholar.google.com.
https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/1690 M Khadafie. (2023).
‘Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Merdeka Belajar’. TAJDID:
Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan. Scholar.google.com.
http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/1757 M Khadafi, MU
Azmi. (2024). Cigarskruie: Journal of Educational and Islamic Research. ‘Holistic
Parenting Method from al-Qur'an Perspective: Strengthening Family Resilience
in Facing the Dynamics of Modern Life’. Scholar.google.com. https://jurnal.saniya.id/index.php/cigarskruie/article/view/191 M Khadafie. (2023).
M Pd – PENERBIT. ‘Paradigma Baru Pendidikan Indonesia Resiliensi Pendidikan
Islam Terpadu di Tanah Samawa’. Scholar.google.com. https://penerbit.yayasanelkatarie.or.id/index.php/penerbityayasanelkatarie/article/view/13 |
Komentar
Posting Komentar